PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA HKBP SIGAPITON
RESSORT AJIBATA
SEKRETARIAT HKBP SIGAPITON
TELP. 081370946023


 






























PROPOSAL
2013




HKBP SIGAPITON RESSORT AJIBATA
PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA HKBP SIGAPITON
Sekretariat HKBP Sigapiton
Telp.
081370946023







Nomor : 001/PP-HKBP-S/I/2013                                  Kepada yang terhormat
Hal       : Permohonan Bantuan Dana                         Bapak/Ibu/Sdr/i
Lamp   : 1(satu) berkas Proposal                                di.-
                                                                                    Tempat

Salam dalam Nama Tuhan Yesus Kristus,

Kami dari Panitia Pembangunan HKBP Sigapiton, dengan segala kerendahan hati memohon kepada bapak/ibu/saudara/saudari agar kiranya dapat dan berkenan mendukung pembangunan Gereja yang telah kami rencanakan untuk dilaksanankan.

Kami menyadari bahwa pembangunan ini memerlukan dana yang besar dan diluar batas kemampuan kami seluruh jemaat HKBP Sigapiton yangmayoritas Jemaat kami adalah petani yang kemampuan ekonominya sangat terbatas.

Tapi kami yakin dan percaya bahwa dengan semangat Roh Kudus, dan bantuan saudara-saudara seiman yang telah mendapat berkah dari Tuhan akan tergerak untuk mendukung terselenggaranya pembangunan ini. Dukungan doa dan dana dari saudara-saudara sangat berarti bagi pengembangan dan pembinaan iman seluruh Jemaat HKBP Sigapiton Ressort Ajibata.

Akhir kata, doa kami agar saudara-saudara yang telah memberikan bantuan untuk tujuan yang mulia ini memperoleh berkat yang berlipat ganda dan dipakai Tuhan menjadi saluran berkat bagi yang membutuhkan.

Terima kasih, Tuhan Yesus Memberkati
                                                                                   
Sigapiton, 20 Januari 2013
PANITIA PEMBANGUNAN HKBP SIGAPITON – RESSORT AJIBATA

        Ketua                                                                                                     Sekretaris                 
                             

           
St. S. Tampubolon                                                                                      Sahala samosir

Mengetahui:
                       
                                                                                   

                                                           

Pdt.  A. Tambun, STh.                                                                                   St. M. Situmorang
                Pendeta Ressort                                                                             Pimpinan Jemaat


                                                                                                                                                                         
I. PENDAHULUAN




A.
LATAR BELAKANG

Seiring dengan perjalanan waktu, warga jemaat HKBP Sigapiton yang semakin berkembang, dengan pertumbuhan jemaat dari waktu ke waktu bertambah terus, hingga saat ini telah berjumlah 80 kk, dengan kehidupan Rohani yang semakin berkembang, hahomion ni Tondi, mamboan bagabaga tu pos niroha, mansai denggan jala uli, kalau diikuti dengan sarana dan prasarana yang ada.

Pertumbuhan generasi baru (sekolah minggu) sangatlah kita harapkan untuk menciptakan karakter yang mandiri dihaporseaon dan cinta akan gerejanya- HKBP. Dengan alasan tersebut HKBP Sigapiton saat ini sangat membutuhkan perobahan/renovasi gereja yang lebih memadai untuk meningkatkan pelayanan bagi para jemaatnya.

Untuk itulah kami Panitia Pembangunan merencanakan pembangunan fisik, yang akan kami mulai ditahun 2013 ini. Kiranya kewajiban meningkatan kualitas kerohanian para jemaat tersebut diatas dapat kami laksanakan dengan baik. Inilah yang menjadi latar belakang rencana pembangunan Gereja HKBP Sigapiton sebagai sarana pembinaan dan pengembangan kerohanian jemaat yang berkualitas. Kiranya Tuhan Memberkati

B.
TUJUAN

1.
Untuk persiapan perkembangan generasi muda yang akan datang.
2.

3.

Untuk memenuhi kebutuhan umat akan hadirnya sebuah Gereja HKBP yang layak dari segi konstruksi dan arsitektur sebagai pusat pelayanan kerohanian.
Menjadi sarana komunikasi yang baik, dari segi pelayanan dan hubungan yang baik antar putra/putri Sigapiton yang ada di perantauan.


II. RENCANA KEGIATAN

A.
WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan pembangunan ini akan dimulai pada tahun 2013 dengan jangka waktu tidak terbatas, cepat dan lambatnya kegiatan pembangunan ini akan sangat bergantung pada perkembangan perolehan dana yang akan kami dapat lewat proposal, Tempat kegiatan atau lokasi pembangunan ini, akan dibangun diatas tanah seluas 25M x 40M = 1000 M².

B. LUAS DAN BENTUK BANGUNAN
Luas bangunan secara keseluruhan adalah 330 M² dengan perincian sebagai berikut:
Altar
=
27 M ²
Kantor/Konsistori
=
18 M²




Ruang Duduk
=
185 M²
Teras
=
55 M²
Lobby Hall
=
39 M²
Area Koor
=
25 M²


C.

RENCANA ANGGARAN DAN SUMBER DANA





Rencana anggaran biaya sampai selesai pembangunan fisik 100% diperkirakan sebesar Rp.450.000.000,- (Empat  Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) dengan perincian biaya terlampir. Dana ini direncanakan akan diperoleh dari Jemaat, Anak Perantau dari Desa Sigapiton, Donatur, Perusahaan – Perusahaan, yang memiliki sumber Dana yang menyelenggarakan kegiatan – kegiatan untuk pembangunan rumah Ibadah dan sejenisnya.


D. Sejarah Singkat HKBP Sigapiton

Gereja HKBP Sigapiton Dolok maringanan di topi ni Tao Toba, di huta Sigapiton. Jarak ni huta Sigapiton sian Pelabuhan Ajibata hira-hira 1 (sada) jam pardalanan daona, naik kapal. Taon 1925 jongjong ma parpunguan na niuluhon ni sahalak Evanggelis na sian Janjimatogu Porsea, maringanan di bagas ni Ompu Tiori Sirait. Di taon 1928 pinda ma parpunguan i tu Dolok ni jabu Ompu Parida Situmorang, dibahen ma di si pajokpajok manang parlapelapean na tong do na niuluhon ni Evanggelis. Di taon 1931 pinda ma parpunguan i tu Lumban Manurung tu toru ni sopo ni Op. Tauria Manurung na niuluhon ni Evanggelis rap dohot Sakarias Manurung, Ernatus Butarbutar dohot A. Pirdoling Butarbutar. Di Taon 1935 pinda ma muse tu huta Lumban Pea, ima hajongjongan ni Gareja sinuaeng, laos gareja i ma dipake gabe parsikolaan laho mangajari angka dakdanak na di huta i na niajaran ni amanta guru Kalaulus Naiborhu na sian Lumban Rang.

            Taon 1938 mulak ma Evanggelis i tu Janjimatogu, alai andorang so mulak dipabangkit ma Sakarias Manurung gabe Vorhanger (Uluan ni Huria), alai hot dope gareja dipake gabe parsikolaan na niuluhon ni amanta guru Kalaulus Naiborhu. Taon 1940 mulak ma amanta guru Kalaulus Naiborhu tu Lumban Rang. Hot dope gareja dipake gabe parsikolaan na niuluhon ni amanta guru Mangelek Sirait. Taon 1945 St. Sakarias Manurung ma na gabe Vorhanger, jala on ma goar ni angka parhalado di tingki i: St. Ernatus Butarbutar, St. A. Pirdoling Butarbutar, Ompu Bumbunan Situmorang, kerkerat ma Op. Herlina Nadapdap dohot A. Marolop Nadapdap. Taon 1950 dipillit ma St. A. Marolop gabe Vorhanger, jala dipabangkit ma gabe sintua A. Pirden, A. Tiambun Gultom dohot Op. Bumbunan Situmorang. Taon 1955 ndang be di gareja inganan ni parsikolaan ala nunga adong inganan na asing gabe parsikolaan. Taon 1956 dipillit ma A. Tiambun Gultom gabe Vorhanger. Taon 1957 dipillit ma amanta guru Karmiden Samosir gabe Vorhanger, jala dipabangkit ma gabe sintua amanta Jahim Gultom, A. Jamatar Sijabat, A. Bahastan Sitinjak, A. Apen Gultom dohot A. Holongan Butarbutar. Taon 1959 dipillit ma A. Asper Gultom gabe Vorhanger. Sahat tu taon 1974 hot dope A. Asper gabe Vorhanger jala tamba ma parhalado A. Resmi Sirait. Di taon 1974 – 1980 hot dope amanta A. Asper Gultom gabe Vorhanger jala tamba ma sintua Am. Master, A. Ulina, A. Juminter, A. Apera dohot Maraden manurung (A. Anita). Taon 1980 tarpillit ma amanta St. Jabangun Sirait (A. Resmi) gabe Vorhanger jala priode nasida sahat tu taon 2002. Parhalado di tingki i, St. Kasianus Sitinjak (Am. Bahastan), St. Osner Sijabat (Am. Jamatar), St. Japar Butarbutar (Am. Holongan), St. Oberlin Butarbutar (Am. Pirden), St. Jaliter Samosir (Am. Master), St. Levi Gultom (A. Jumintar), St. Kanoser Sitinjak (A. Apen), St. Maraden Manurung (A. Anita), St. Jamuda Situmorang (A. Bumbunan), St. Marben Situmorang (A. Sunggul), St. Pasiman Gultom (Am. Jusmar), dohot St. Madihon Sirait (A. Romada).

            Di taon 2002 dipillit ma St. Marben Situmorang (A. Sunggul) na gabe Uluan ni Huria (Vorhanger), angka sintua: St. Kasianus Sitinjak (A. Bahastan), St. Kanoser Sitinjak (A. Apen), St. Jaliter Samosir (A. Master), St. Pasiman Gultom (A. Jusmar), St. Junus Butarbutar (A. Dormian), St. Jaliter Samosir (A. Master), St. Rudin Sinaga (A. Hermita), St. Jamuda Situmorang (A. Bumbunan), St. Paeman Siboro (A. Lasredi), St. Mangisi Sidabalok (A. Swaty), St. J. Epentus Gultom (A. Okto), St. Marulak Nainggolan dohot St. Saor Tampubolon.

Songoni ma jolo na boi hupatupa hami sejarah ringkas ni hurianta on. Anggiat ma marguna sejarah na hupatupa on.

Sigapiton, Pebruari 2013.

     St. J. Sirait (Op. Melita)

PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA HKBP SIGAPITON

I. Penasehat       :
1. Pendeta HKBP Ressort Ajibata     
2. Pimpinan Jemaat HKBP Sigapiton
3. St. M. Sirait

II. Pengurus Harian
1. Ketua                       : St. S. Tampubolon
2. Wakil                        : P. Manik (A. Paldo)
3. Sekretaris               : Sahala Samosir
4. Bendahara             : Op. Mutiara Sitorus

III. Seksi Dana
A. Bona Pasogit
1.       J. Nainggolan (A. Ronita)
2.        A. Lando Manik
3.       S. Manurung (A. Lasma -Motung)
4.       Liberty Manurung (Balige - Tobasa)

B. Parserahan/Pangarantoan
1.  St. A. Butarbutar - Pematang Siantar dan sekitarnya
2.  St. M. Gultom (Am. Halasan) - Kisaran, Asahan Labuhan Batu
3.  M. Gultom (A. Fernando) - Medan, Binjai dan sekitarnya
4.  K. Sitinjak (A.Jeremi) - Medan, Binjai dan sekitarnya
5.  Jemmy Butar-butar – Medan, Binjai dan Sekitarnya
6.  A. Butarbutar (A. Ririn) – Stabat
7.  P. Nadapdap (A. Adongma)- Stabat
8.  A.  Christin Sirait – Jambi
9.  A. Ando Purba/Br. Butarbutar – Jambi
10.  Dermawan Br. Gultom – Pekanbaru - Riau
11.   Hotnadi Samosir – Pekanbaru - Riau
12.  A. Bilser Sijabat – Pekanbaru - Riau
13.  A. Postel Pakpahan – Pekanbaru - Riau
14.  A. Rosanty – Pekanbaru - Riau
15. St. L. Silalahi (Am. Elisa) – Tanjung Pinang
16. Bilman Sijabat – Batam
17. A. Renold Nadapdap – Palembang
18.  Marlen Manik - Jakarta
19. N. Gultom (A. Rika) - Jakarta
20. St. H. Sijabat (A.Lambok) – Jakarta
21. T. Hutahaean (A. Debora) – Jakarta
22. B. Situmorang (A. Imelda) – Jakarta
23. R. Situmorang (A. Seri) – Cikeas – Gunung Putri – Bogor
24. Tagor Butarbutar - Jakarta
25. Jalembang Nadapdap – Jakarta
26. T. Voliantes Situmorang, SE (A. Kelvin) - Kalimantan
27. A. Maniar Butarbutar - Kalimantan
28. A. Gugun Sidabalok - Kalimantan
29. A. Agung Sirait - Kalimantan
30. A. Leo Garinggang - Kalimantan
31. A. Kardo Manik – Kalimantan
32. S. Gultom - Kalimantan
33. A. Risma Sitorus - Sulawesi
34. A. Saut Rajagukguk – Sulawesi
35.  A. Reinhard Samosir               - Papua
36. L. Situmorang (A.Farida) – Papua
Sigapiton, 20 Januari 2013

Pendeta Ressort,                                                                    Pimpinan Jemaat,


                                                                                                                    
Pdt. A. Tambun, STh.                                                                        St. M. Situmorang

Komentar

Postingan populer dari blog ini