Dr. Bunthora Situmorang dan Nai Malvinas Ikut Serta Memeriahkan

Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP Ressort Ajibata.



Seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka mensukseskan Tahun Perempuan di HKBP Ajibata berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Untuk menyemarakkan Tahun Perempuan di HKBP Ressort Ajibata, kegiatan ini dibuka dan diawali dengan acara “Gerak Jalan Santai”, pada hari minggu tanggal 12 Juli 2015, pukul 15.00 WIB. Acara ini, dimulai dengan kebaktian singkat yang dibawakan oleh pendeta HKBP Ressort Ajibata, Pdt. Ahab Tambun, STh. Kemudian, dengan dipandu oleh panitia, Gerak Jalan Santaipun dilaksanakan dengan route: “Cafe Naborsahan (dekat Pelabuhan KM Ferry) – Jln. Japang (Keluar Aurora - Sapadia) – HKBP Parapat – Tiga Raja dan kembali lagi ke Cafe Naborsahan”. Acara ini diakhiri dan dimeriahkan dengan acara Doorprise yang dipandu oleh panitia dan parhalado HKBP Ressort Ajibata. Panitia telah menyediakan banyak hadiah hiburan, berupa sendok dan garpu, gelas, payung dan lain sebagainya. Hadiah utama DVD Player yang disumbangkan oleh O. Siallagan (Pengusaha Subur Ponsel - Ajibata) dan Magic Com yang disumbangkan oleh UD. Boru Tobing – Parapat.     



Sebenarnya pada rapat panitia yang pertama kali dilaksanakan, cukup banyak kegiatan yang direncanakan oleh panitia demi dan untuk mensukseskan Tahun Perempuan HKBP secara umum dan secara khusus di HKBP Ressort Ajibata. Tetapi karena keterbatasan waktu dan dana yang diusahakan oleh panitia, tentunya melalui beberapa kali rapat maka panitia merampungkan dan merampingkan kegiatan yang bisa dijangkau dengan dana seminim mungkin. Kegiatan Tahun Perempuan HKBP di tingkat Ressort Ajibata diketuai Oleh: S. Br. Panjaitan (Ny. Tuan Nanser Sirait – Op. Paulus), Wakil Ketua: R. Br. Sidabutar (N. Pendro), Sekretaris: K. Br. Simamora, Bendahara:  Ir. Irma Suryani Br. Sirait (N. Chelsea) dan seksi-seksi dalam kepanitiaan terkait beserta dengan beberapa anggota masing-masing seksi. Seluruh rangkaian kegiatan tidak terlepas dari kontrol Pendeta HKBP Ressort Ajibata Pdt. Ahab Tambun, STh, Diak. R. Nainggolan dan Diak. J. Simanjuntak serta parhalado HKBP se-ressort Ajibata. Adapun kegiatan yang telah dirampingkan oleh kepanitiaan adalah 1. Gerak Jalan Santai, 2. Cerdas Cermat Alkitab, 3. Berpacu Dalam Buku Ende, 4. Menata/menghias Altar, 5. Senam Maumere, ala batak Toba dengan judul lagu “Ajibata Tano Hatubuanku”, Vokal dari “Nauli Sisters” yang diproduksi oleh Tunas Reccord. 6. Perlombaan Tortor “Sibunga Jambu” dan “Sihutur Sanggul”, 7. Tarik Tambang, 8. Margala, 9. Futsal, 10. Lomba Busana Wanita (Fashion Show). 11. Pestival Koor, dan 12. Masak Memasak Tradisional Khas Batak.



Tidak ketinggalan, panitia juga membekali para kaum parompuan atau kaum ibu HKBP Ressort Ajibata dengan mengundang dan menghadirkan nara sumber dari Biro Wanita HKBP yaitu kepala Biro Wanita HKBP Pdt. Santawaty Sirait, MTh. Pada hari Minggu tanggal 13 September 2015, kebaktian Minggu dipimpin oleh ibu Pdt. Santawaty Sirait, MTh. Setelah kebaktian minggu berakhir, kemudian Kepala Biro Wanita HKBP ini, melanjutkan kegiatan atau pembinaan kepada kaum ibu dengan memberikan pencerahan kepada para kaum ibu di HKBP Ajibata, dengan judul ceramah: “Perempuan Batak Kristen Sebagai Pendamai, Pembaharu dan Pemberdaya”. Kegiatan ini disambut baik dan diikuti oleh para kaum ibu yang didampingi oleh majelis (Parhalado) yang tergabung dalam Ressort Ajibata, yakni HKBP Ajibata sebagai sabungan, Horsik, Motung dan Sigapiton. Penceramah dalam ceramahnya memunculkan beberapa tokoh wanita dalam Alkitab dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru seperti Yokebed, Miriam, Ester, Debora, Naomi dan Rut (PL). Maria, Hana, Lois (nenek) dan Eunike (ibu) dari rasul Timotius (PL). Tidak kalah pentingnya, penceramah juga membahas kaum wanita yang membawa kemajuan yang sangat pesat di tengah-tengah perkembangan suku Batak, seperti Missionaris dari Jerman Schwester Elfrieda Harder (1934) di Laguboti dan Hester Needham (1889) di Silindung dan Sipirok yang banyak mengajari perempuan Batak dalam bertenun, menjahit, bernyanyi dan bersekolah. Seiring dengan berjalannya waktu hampir sekitar 2 jam diskusipun berjalan dengan hangat dan baik yang dimodurasi oleh ketua panitia Ny. Tuan Nanser Sirait, S. Br. Panjaitan (Op. Paulus) dan wakil ketua R. Br. Sidabutar (N. Pendro) yang saat ini telah bersedia mengabdi kepada Tuhan melalui Learning Sintua.



Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP Ressort Ajibata dilangsungkan pada hari Minggu tanggal 20 September 2015. Acara ini dimulai dengan prosesi dari rumah dinas pendeta HKBP Ressort Ajibata menuju gereja HKBP Ajibata. Kebaktian dimulai pada pukul 10.00 WIB yang dipimpin oleh Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing sebagai pengkhotbah dan Pdt. Henri Gultom, STh sebagai liturgis. Dalam khotbahnya bapak Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing yang diambil dari Yakobus 3: 1 – 12,  menghimbau kepada seluruh kaum ibu HKBP agar mampu sebagai Pelopor, Pendamai, Pembaharu dan Pemberdaya terutama di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan bangsa.  Ibadah kebaktian Minggu pada Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP Ressort Ajibata yang diikuti sekitar 650 orang berjalan dengan hikmat. Setelah menerima santapan rohani yakni Firman Tuhan dalam kebaktian, kemudian acarapun dilanjutkan dengan menerima berkat jasmani dengan makan siang ala kadarnya sesuai dengan apa yang telah dipersiapkan oleh panitia.



Setelah makan siang, kegiatanpun dilanjutkan kembali dengan rangkaian acara demi acara, yang tentunya dipandu oleh panitia dengan konsep yang mereka telah persiapkan. Pengumuman Pemenang juara I, II dan III dari setiap kegiatan, pembagian hadiah kepada setiap pemenang, penampilan senam massal “Maumere” persi “Ajibata Tano Hatubuanku”, penampilan para juara Tortor (I s/d III) dan acara Tortor dari setiap huria pagaran dan tiap lingkungan (khusus Ajibata). Salah satu acara yang paling berharga melalui Pesta Puncak Tahun Perempuan HKBP Ressort Ajibata adalah memberikan “Bingkisan atau Kado” dari panitia kepada setiap perempuan (anak-anak s/d Dewasa) yang tidak mampu lagi mengikuti kebaktian setiap minggunya karena sakit yang dideritanya. Mereka yang menerima bingkisan/kado tersebut sebanyak 27 orang, masing-masing dari HKBP Ajibata 15 orang, 2 orang dari HKBP Horsik, 4 orang dari HKBP Motung dan 6 orang dari HKBP Sigapiton. Rangkaian acara setelah usai kebaktian, agar tidak monoton dan tidak membosankan acarapun diselingi oleh hiburan dari artis ibukota yang tidak asing lagi Dr. Bunthora Situmorang dengan lantunan lagu rohani dan lagu populer Batak. Seluruh warga jemaat HKBP Ressort Ajibata, mulai dari tingkat kategorial Sekolah Minggu, Remaja dan Pemuda, Kat. Wanita dan Kat. Ama dan Lansia tidak keburu pulang dari lokasi pesta karena ada pelawak Nai Malvinas khusus diundang panitia Melalui Tuan Nanser Sirait (Op. Paulus) untuk memeriahkan pesta puncak tahun perempuan HKBP Ressort Ajibata. Semua senang… semua gembira… bahkan ada yang tertawa terpingkal-pingkal mendengarkan aksi lawak dari Nai Malvinas. Acara diakhiri dengan doa, pada pukul 18.00 WIB. Selamat Tahun Perempuan HKBP, Jayalah HKBP.

Oleh:  Pdt. Ahab Tambun, STh. 














Komentar

Postingan populer dari blog ini