Roh Allah Penuntun Kebenaran.
(Yohannes 16: 12 – 15).

           Sebelum Tuhan Yesus Kristus naik ke surga, Dia telah berulang kali menjanjikan akan kehadiran Roh Kudus untuk menyertai para murid dan pengikut-Nya untuk melanjutkan misi penyebaran Kerajaan Allah di tengah-tengah dunia ini. Tuhan Yesus Kristus akan pergi kepada Bapa-Nya dalam Kerajaan Allah di surga untuk menyediakan tempat bagi orang yang percaya kepada-Nya. Kebersamaan selama ini antara Yesus sebagai Guru dengan para murid-Nya akan berakhir, para murid akan ditinggalkan-Nya, namun Yesus tidak membiarkan para pengikut-Nya melakukan segala tugasnya tanpa pembimbing. Waktu tetap berjalan dan pekerjaan untuk melanjutkan penyebaran Injilpun harus tetap berjalan dan harus semakin meluas dan berkembang sampai ke ujung bumi ini yang walaupun Tuhan Yesus Kristus telah meninggalkan para murid-Nya. Untuk melakukan Penyebaran Injil, sangat diperlukan sosok yang menuntun dan penolong para pengikut Yesus Kristus. Penuntun dan penolong tersebut adalah Roh Kudus.

       Di dalam Injil Yohannes 24: 26, dikatakan: “...tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu”. Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus” (Yoh. 20: 22). Roh Kudus adalah Roh yang dicurahkan dari surga oleh Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus, sebagai Pribadi yang hidup. Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Tri Tunggal Tuhan yang kita sembah (Allah Bapa, Anak-Nya Yesus Kristus dan Roh Kudus). Roh Kudus adalah Roh penghibur bagi setiap orang yang berduka, Roh Penolong terhadap orang yang berseru kepada-Nya, Pembimbing dan Penuntun jalan kebenaran dan keselamatan. Roh tersebut akan membimbing & memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran tentang Allah dan segala hal tentang rencana Allah di tengah dunia ini. Roh itu tidak berkata-kata dari diri-Nya sendiri, melainkan adalah perkataan dari Allah.  Roh Kudus adalah Dia yang diberikan kuasa oleh Allah untuk memberikan segala pertolongan secara nyata dalam hidup orang yang  percaya kepada-Nya. Yesus Kristus bersama seluruh murid-murid-Nya, dalam segala pekerjaanNya, bekerja dengan kuat kuasa Roh Kudus. Dengan mengandalkan kuat kuasa Roh Kudus jugalah yang memampukan mereka untuk melakukan pekerjaan, pewartaan dan bahkan membuat segala mujizat.

     Dalam melakukan pekerjaan pewartaan Firman Tuhan, Yesus Kristus sangat mengetahui kemampuan dan keterbatasan murid-murid-Nya, sehingga Yesuspun mengatakan: " .....tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran..." (ay. 13a).  Roh Kudus sepenuhnya akan melakukan hal itu karena Ia adalah Roh Kebenaran. Pengetahuan-Nya sempurna tentang kebenaran, kasih-Nya tak terbatas bagi kebenaran dan Ia mutlak dan tidak berdusta terhadap kebenaran-Nya.  Sebab Ia tidak berkata-kata dari diriNya sendiri secara bebas dan terpisah dari Bapa dan sang Anak.  Roh kebenaran inilah yang akan membuka mata hati rohani mereka terhadap tugas dan peran Bapa, Anak dan Roh Kudus.  Demikian pula Yesus mengingatkan tentang pekerjaan Roh kebenaran tersebut bahwa: “Ia akan meberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang..." (ay 13c) dan "...sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku" (ay. 14). Yesus Kristus berulangkali mengingatkan mereka tentang pekerjaan Roh kebenaran tersebut bahwa: "...Ia akan memberikan kepadamu, hal-hal yang akan datang", yaitu menyangkut tugas panggilan untuk siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.  karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.  Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.  Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberitaan Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!  (2 Tim. 4: 2-5). Jika dengan pimpinan Roh Kudus yaitu Roh kebenaran itu, mereka melakukan pekerjaan pemberitaan kebenaran firman-Nya dengan setia, maka dengan demikian nama Bapa di dalam Yesus dipermuliakan (Ay. 14). 


       Selaku umat yang percaya kepada Allah Bapa, Anak-Nya Yesus Kristus dan Roh Kudus, kita memerlukan kuat kuasa Roh Kudus untuk menuntun hidup kita ke arah yang Tuhan kehendaki yaitu jalan hidup dan kebenaran.  Roh Kudus yang menyatakan kebenaran Allah akan memabawa orang kepada Iman. Iman kepada Yesus Kristus. Iman kepada Yesus Kristus akan membuka jalan masuk kepada kasih karunia. Orang yang percaya kepada-Nya akan dikuatkan oleh Roh Kudus melalui firman ketika mereka makan firman Tuhan (Efesus 3: 16). Orang-orang Kristen dibimbing dan dipimpin oleh Roh, “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah” (Roma 8: 14), pimpinan atau tuntunan Roh Kudus ini adalah melalui Firman Tuhan. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini