PROPOSAL:  PEMBANGUNAN RENOVASI RUMAH DINAS GURU HURIA, DIAKONES, MENARA GEREJA DAN TEMPAT PARKIR HKBP AJIBATA.

Kata Pengantar

          
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yesus sebagai Raja Gereja, karena atas kasih dan penyertaan-Nya sehingga pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2016 telah terbentuk Panitia Pembangunan Renovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Parkiran HKBP Ajibata. Seluruh panitia beserta Majelis (Parhalado) dan Jemaat (Ruas) HKBP Ajibata menyadari kemampuan yang sangat terbatas untuk membangun atau merenovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Tempat Parkiran HKBP Ajibata. Namun kami yakin dan percaya bahwa Tuhan akan senantiasa berada di tengah-tengah kita serta membuka hati dan pikiran Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian, untuk berkenan membantu melalui partisipasi pikiran maupun bantuan dana untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan tersebut.

          Adapun latar belakang pembangunan Renovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Tempat Parkiran HKBP Ajibata adalah Pertama, penyediaan fasilitas  yang layak bagi seorang hamba Tuhan yang bertugas untuk melayani para jemaat Gereja HKBP Ajibata. Kedua, karena memang rumah yang ditempati Guru Huria dan Diakones sekarang ini adalah bangunan yang sudah tua yang membutuhkan perbaikan. Ketiga, menara gereja HKBP Ajibata sudah harus direnovasi karena sudah bocor ketika hujan datang. Keempat, tempat parkiran selama ini tidak memadai. Maka pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2016, setelah kebaktian minggu diadakanlah rapat pembentukan panitia.

          Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum (Amsal 11: 25). Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun jemaat (1 Korint 14: 12).

          Atas dasar Firman Tuhan di atas maka Panitia Pembangunan Pembangunan Renovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Tempat Parkiran HKBP Ajibata mengajukan Proposal Pembangunan dimaksud kepada Bapak/Ibu/Saudara/i. Kami memohon partisipasinya demi terwujudnya pembangunan tersebut.

          Akhir kata, atas nama segenap Panitia dan Majelis (Parhalado) beserta seluruh Jemaat HKBP Ressort Ajibata menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian,  serta semua pihak yang mau dan yang telah memberikan perhatian dan partisipasinya untuk pembangunan tersebut. Semoga Tuhan memberkati. Syalom.



                                                                                                                        Ajibata, 14 Agustus 2016.
                                                                                                                                                                            Pendeta HKBP Ressort Ajibata.



                                                                                                                        Pdt. Ahab Tambun, STh.





BAB  I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang      
1.      Melihat kondisi bangunan Rumah dinas yang dihuni Guru Huria HKBP Ajibata yang sekarang ini sudah seharusnya direnovasi yang walaupun belum tergolong merupakan bangunan yang tua. Dan  rumah dinas yang ditempati Diakones sekarang, dulunya adalah perumahan pendeta (sampai tahun 2013). Menurut informasi yang kami terima dari warga jemaat terutama dari orang tua yang sudah termasuk tokoh di HKBP Ajibata, bangunan tersebut berdiri pada tahun 1948 bersamaan dengan berdirinya gereja HKBP Ajibata. Memang, pada saat berdirinya rumah tersebut adalah merupakan rumah yang paling indah di sekitarnya  yang walaupun semi-permanent. Memang indah pada waktunya, itu zaman dulu. Seiring dengan perjalanan waktu, tidak ada yang kekal maka rumah tersebutpun semakin lama semakin tidak mampu lagi mempertahankan eksistensinya sebagai rumah karena sudah tua. Keadaan kayu kropos, atap yang terbuat dari seng sudah dapat ditembus hujan apalagi ditembus sinar matahari, semen sebagai bahan utama pembuatan lantainya sudah berlobang.

2.  Dalam mewujudkan dan memajukan pembangunan warga jemaat di bidang kerohanian, langkah pertama dan yang utama kami dari unsur panitia lebih dauhulu membangun di bidang fisik dalam hal ini tempat tinggal para pelayan atau hamba Tuhan yang datang ke HKBP Ajibata secara silih berganti sesuai dengan mutasi di HKBP. Dengan demikian segenap Majelis (Parhalado) dan Jemaat telah mengadakan rapat untuk membentuk Susunan Panitia Pembangunan tersebut.

3.   Pada hari Minggu, tanggal 14 Agustus 2016, telah diadakan Rapat Huria di HKBP Ajibata, untuk membentuk Panitia Renovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Tempat Parkiran HKBP Ajibata. Susunan Kepanitiaan dapat dibentuk, adalah karena gagasan beberapa orang anak rantau yang merupakan kesatuan dan kebersamaan yang dikenal dalam budaya suku Batak “Tampakna Do Rantosna, Rim Ni Tahi Do Gogona”, di kalangan para Jemaat dan Majelis (Parhalado) HKBP Ajibata dengan anak rantau yang berasal dari Kecamatan Ajibata – Kabupaten Toba Samosir.

4.  Rumah dinas Pendeta HKBP Ressort Ajibata yang lama (sekarang ditempati Dikones), yang terletak di komplek SD Negeri akan direnovasi dan menjadi rumah dinas Diakones HKBP Ajibata dan akan dibangun Sekolah Pendidikan Pengembangan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak di bawah naungan HKBP Ajibata. Pengajuan ataupun gagasan ini telaha dimuat dalam proposal pembangunan Rumah Dinas Pendeta HKBP Ressort Ajibata (BAB. I. Point 4).

5.  Berdasarkan pemikiran di atas maka segenap Majelis (Parhalado) dan Jemaat HKBP Ajibata menganggap bahwa Pembangunan tersebut adalah hal yang sangat penting dan segera akan dilaksanakan. Untuk itulah kami Panitia mengajukan PROPOSAL PEMBANGUNAN INI. Kiranya Allah Bapa, dan Putra-Nya Yesus Kristus dan Roh Kudus memberkati segala rencana dan kegiatan Jemaat-Nya demi kemulian nama-Nya dan Misi Kerajaan Allah di dunia ini.  




-          1    -



B. Visi dan Misi

     B. 1. Visi
         Gereja adalah merupakan pusat penyebaran Firman Tuhan bagi semua orang disekitarnya yang terpanggil sebagai pengikut Kristus terutama kepada jemaat-Nya. Tempat dan sarana untuk mewujudkan kehendak dan Kerajaan Allah di dunia ini. Sebagai organisasi keagamaan atau lembaga kerohanian maka gereja HKBP Ajibata juga terpanggil untuk mewujudkannyatakan segala Program HKBP dari Tingkat Pusat, Distrik maupun Ressort.

     B. 2. Misi
          Untuk mencapai misi tersebut, maka visi yang telah dirancang, direncanakan telah ditetapkan dan akan dilaksanakan HKBP Ajibata, adalah sebagai berikut:
·         Mengembangkan dan meningkatkan dalam pelayanan di tengah-tengah gereja maupun terhadap   terhadap warga Jemaat
·         Menumbuhkan dan menumbuhkan sikap kejujuran dan kepedulian terhadap sesama pelayan dan terhadap warga Jemaat.
·         Meningkatkan pemahan warga jemaat tentang Aturan dan Peraturan HKBP yang berlaku.
·         Meningkatkan kemajuan dalam bidang jasmani dan rohani jemaat HKBP Ajibata.





BAB II

PROGRAM PEMBANGUNAN PRASARANA

A.    Tahap Perencanaan
1.      Melakukan pendataan kondisi lahan dan bangunan rumah Dinas Guru Huria dan Diakones.
2.      Membuat gambar sesuai kebutuhan rencana bangunan, yang terdiri dari:
·         Tata Letak Bangunan
·         Denah, Tampak dan Potongan
·         Gambar Secara Mendetail
3.      Membuat RAB pekerjaan bangunan.
4.      Membuat rencana waktu pelaksanaan pekerjaan.
5.      Menyusun rencana kebutuhan tenaga kerja.

B.     Tahap Pelaksanaan
1.      Mengarahkan dan membimbing pelaksana selama pekerjaan berlangsung.
2.      Memeriksa dan membuat laporan.
3.      Membuat fhoto perkembangan fisik pekerjaan dari awal, pertengahan (50%) hingga keadaan terakhir (100%). 

C.    Objek Pembangunan
1.      Satu unit rumah (Permanent) Rumah Dinas Guru Huria di atas sebidang tanah dengan ukuran  
      5 m x 20, yang terletak di belakang Gereja HKBP Ajibata di Kecamatan Ajibata.

2. Rumah pendeta yanga lama, sekarang dihuni oleh Diakones akan dibangun 1 unit rumah Dinas  
    Diakones dan sekolah PAUD & TK di bawah naungan HKBP Ajibata.


-   2   -
BAB  III

PENDANAAN
A. Rencana Pembiayaan Pembangunan
           Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan/Renovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Tempat Parkiran HKBP Ajibata adalah: 1. Rumah Dinas Guru Huria = Rp. 90.000.000;   2. Rumah Dinas Diakones = Rp. 300.000.000; 3. Menara = Rp. 250.000.000 dan 4. Parkiran = Rp. 200.000.000. Jumlah seluruhnya  Rp.  840.000.000,-  (Delapan Ratus Empat Puluh Juta Rupiah). Dengan Rincian anggaran biaya terlampir.

B. Sumber Dana
    B.1. Yuran Anggota Jemaat HKBP Ajibata dikenakan dalam tiga tingkatan, yaitu:
1.      Rp. 150.000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)/Kepala Keluarga.
2.      Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah)/Kepala Keluarga.
3.      Rp. 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah)/Kepala Keluarga.
     B.2. Sumbangan dari para Donateur.
C. Dana Yang Terkumpul (Pinjaman dan Spontanitas Peserta Rapat Pertama, 14 Agustus 2016).
1.      Pinjaman Dari Bendahara HKBP Ajibata    Rp.   40.000.000 (Empat Puluh Juta Rupiah).
2.      Sumbangan Spontanitas pada waktu rapat Pembentukan Panitia.
2.1.  St. J. A. M. Sirait                               :   Rp.     200.000,-
2.2.  Pdt. Ahab Tambun, STh                    :   Rp.     300.000,-
2.3.  Drs. Tigor Sirait                                 :   Rp.     500.000,-
2.4.  A. Sirait (Am. Pendro)                       :   Rp.  1.000.000,-
2.5.  O. Siallagan (Subur Ponsel)               :   Rp.  1.000.000,-
2.6.  D. Sidabalok (Am. Dien)                   :   Rp.     300.000,-
2.7.  J. P. Pasaribu (Am. Harry)                 :   Rp.     200.000,-
2.8.  L. Sitio (Am. Miguven)                     :   Rp.     300.000,-
2.9.  St. D. Silitonga (Am. Riko)               :   Rp.     300.000,-
2.10.  Diak. J. Simanjuntak                         :   Rp.     100.000,-
2.11.  Gr. R. Panjaitan                                :   Rp.     200.000,-
2.12.  G. Sirait (Am. Trezeguet)                 :   Rp.     200.000,-
2.13.  Tuan Nanser Sirait (Op. Paulus)       :   Rp.     500.000,-
2.14.  R. Sirait (Am. Paulus)                       :   Rp.     200.000,-
Jumlah                                             :   Rp.  5.300.000,-

          Panitia, Majelis (Parhalado) dan seluruh Jemaat HKBP Ajibata sangat mengharapkan bantuan Bapak/Ibu/Saudara/i, anak rantau dan para donateur baik dalam bentuk moril maupun material yang dapat dikirimkan ke alamat langsung dengan nomor Rekening BRI Unit Lumban Julu, Teras Ajibata. Nama: Panitia Pembangunan Rumah Pendeta HKBP Ressort Ajibata. No. 5249-01-002607-53-6 (Nomor Rekening Yang Sudah Ada/Lama).





-   3   -



BAB  IV
P E N U T U P

                  Kami menyadari bahwa proposal ini jauh dari sempurna dan berharap mendapat perhatian dan persetujuan demi terwujudnya Pembangunan Renovasi Rumah Dinas Guru Huria, Diakones, Menara dan Tempat Parkiran HKBP Ajibata.  Dan segera dapat direalisasikan guna menciptakan suasana yang kondusif untuk mengikuti dan melaksanakan segala aktivitas di gereja HKBP Ajibata sebagaimana mestinya.



PANITIA PEMBANGUNAN RENOVASI RUMAH DINAS
GURU HURIA, DIAKONES, MENARA DAN TEMPAT PARKIRAN HKBP AJIBATA.


           Ketua Umum,                Ketua Pelaksana,               Sekretaris,                   Bendahara,



Tuan Nanser  Sirait.          Drs. Tigor Sirait.            Gubsan Sirait.        Cln. St. R. Br. Sidabutar.


Diketahui dan disetujui:
Pendeta HKBP Ressort Ajibata.




 Pdt. Ahab Tambun, STh.









Contact Person: 
1.       Pdt. A. Tambun, STh                    :   0813 7588 9926
2.       Tuan Nanser Sirait                        :   0812 8999 0006
3.       Drs. Tigor Sirait                            :   0821 6755 4433
4.       Gubsan Sirait                                :   0821 6031 4999


-          4    -




K  W  I  T  A  N  S  I
Pertinggal.

No.  12

PANITIA PEMBANGUNAN RENOVASI RUMAH DINAS GURU HURIA, DIAKONES, MENARA GEREJA DAN TEMPAT PARKIR HKBP AJIBATA.


Telah diterima dari      :   ....................................................................................................................

Uang sebanyak            :   ....................................................................................................................

UNTUK RENOVASI RUMAH DINAS GURU HURIA, DIAKONES, MENARA GEREJA DAN TEMPAT PARKIR HKBP AJIBATA.

.............................................,  tgl.   ...............................

Jumlah Rp.   ................................................
 



                 Yang Memberi,                                                                        Yang Menerima,



(..............................................................)                                (..........................................................)



........................................................................................................................................... gunting di sini.

K  W  I  T  A  N  S  I
Kembali Ke Panitia.

No.  12

PANITIA PEMBANGUNAN RENOVASI RUMAH DINAS GURU HURIA, DIAKONES, MENARA GEREJA DAN TEMPAT PARKIR HKBP AJIBATA.


Telah diterima dari      :   ....................................................................................................................

Uang sebanyak            :   ....................................................................................................................

UNTUK RENOVASI RUMAH DINAS GURU HURIA, DIAKONES, MENARA GEREJA DAN TEMPAT PARKIR HKBP AJIBATA.

.............................................,  tgl.   ...............................

Jumlah Rp.   ................................................
 



                 Yang Memberi,                                                                        Yang Menerima,



(..............................................................)                                (..........................................................)



-   7   -

Komentar

Postingan populer dari blog ini